Jalin Kerja Sama dengan Banten, Agro Jabar Siapkan 1000 Ton Bibit Jagung

Jalin Kerja Sama dengan Banten, Agro Jabar Siapkan 1000 Ton Bibit Jagung

KOTA BANDUNG – Gubernur Ridwan Kamil dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menjalin kerja sama dalam bidang pangan. Kerja sama ini dilakukan melalui PT Agro Jabar (BUMD) milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan PT Agro Serang Berkah yang merupakan anak perusahaan PT Serang Berkah Mandiri (BUMD).

Direktur Utama PT Agro Jabar Kurnia Fajar mengajak warga Banten menanam jagung karena bernilai ekonomis dan terdapat 17 pabrik pengolahan jagung yang ada di Pulau Jawa, 8 di antaranya terletak di Banten. “Ini menguntungkan bagi warga Banten, karena delapan pabrik pengolahan jagung berada di Banten” kata Kurnia.

Ajakan terhadap warga Banten ini tidak main-main karena PT Agro Jabar sudah menyiapkan 1.000 Ton Bibit Jagung yang siap tanam. Seribu Ton Bibit Jagung tersebut mampu ditanam diatas tanah seluas 12.000 Ha. “Kami sudah menyiapkan 1.000 Ton Bibit Jagung, silahkan bagi warga Banten yang mau menanam jagung” ucap Kurnia.

Tidak hanya Bibit Jagung, PT Agro Jabar juga menyediakan pupuknya, bahkan memfasilitasi petani menjual hasil panennya kepada pabrik pengolahan jagung. “Pupuknya juga kami siapkan bahkan kami fasilitasi penjualannya ke pabrik pengolahan jagung”, imbuh Kurnia.

Tahap pertama kerja sama ini dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Serang. “ Dua Perusahaan daerah akan saling kerja sama mulai dari permodalan hingga pemasaran dan pemanfaatan teknologi. InsyaAllah membawa berkah untuk masyarakat Kabupaten Serang”, kata Bupati Serang, Ratu Tatu.

Menurut Tatu, Kabupaten Serang memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang cukup luas dan masih banyak lahan tidur yang belum dimanfaatkan. “Untuk pasar Jagung, kita juga punya pabrik pakan” imbuhnya.

Dari hasil inventarisasi awal, ada sekitar 4.000 Ha lahan di Kabupaten Serang yang bisa dimanfaatkan untuk Tanam Jagung. “Semua sudah kami inventarisasi Bersama Dinas Pertanian. Termasuk lahan milik perusahaan yang belum dimanfaatkan, akan kami komunikasikan untuk bisa dipakai untuk pengembangan tanaman jagung dan pemberdayaan masyarakat” ungkap Tatu.

Tatu menegaskan bahwa Pertanian adalah sektor ekonomi unggulan Kabupaten Serang. Hasil pertanian terutama Padi, selalu mengalami surplus setiap tahun. “Kita akan manfaatkan kerja sama ini dengan baik untuk pemberdayaan masyarakat. Jika Pemda Jawa Barat Turun InsyaAllah lancar. Pak Gubernur Jawa Barat mendukung, ini luar biasa” ucap Tatu dengan Tegas.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan sektor pangan tidak terpengaruh oleh pandemic Covid-19. “Ini tahap awal dalam kerja sama jangka Panjang, melalui kerja sama bidang pertanian. Apalagi bidang pangan ini selama Covid terbukti tidak turun, malah naik” Ujarnya yang akrab disapa Kang Emil.

Kang Emil mengatakan PT Agro Jabar selaku BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat menawarkan teknologi dan pangsa pasar yang bisa dimanfaatkan bersama PT Agro Serang Berkah. “Selama Covid juga, kita saling menguatkan kerja sama antar daerah” Ucapnya.

Sumber Berita: https://mediaindonesia.com/nusantara/398414/agro-jabar-siapkan-seribu-ton-bibit-jagung-untuk-banten
Edited By: Marcomm PT Agro Jabar – Alisha Nurkhairina

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

statistik pengunjung

  • 0
  • 66
  • 4,297
  • 1

Instagram

Instagram did not return a 200.

Archives